Jumat, 30 Maret 2012

Tai Chi Dapat Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Lansia

Tai Chi Dapat Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Lansia
Ditulis oleh Erabaru



Lembut namun efektif. Tai chi adalah latihan sempurna bagi para lansia, menurut sebuah penelitian. (Daily Mail)
Gagal menjaga keseimbangan tubuh yang dapat mengakibatkan kecelakaan bagi para lansia bisa diatasi dengan berlatih Tai chi, menurut sebuah penelitian.
Sejumlah ahli mengatakan seni bela diri yang lembut ini dapat membangun kekuatan dan meningkatkan keseimbangan, mengurangi kemungkinan kecelakaan akibat terjatuh bagi para lansia yang pengelihatannya mulai berkurang.
Para peneliti dari Universitas Politekhnik Hongkong menyiapkan sebuah program empat bulan bagi 40 orang lansia yang usianya di atas 70 tahun pada sebuah panti jompo. Mereka berlatih tai chi selama 90 menit seminggu.
Setiap sesi dirancang untuk membantu relawan berlatih menggerak-gerakkan beban badan mereka secara berangsur-angsur, memutar kepala dan tubuh, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi dalam tubuh.
Hasil yang dipublikasikan dalam jurnal Age and Ageing ini mengungkapkan bahwa para relawan yang melakukan latihan secara terus menerus memiliki daya keseimbangan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang hanya diajarkan memainkan instrumen. Penulis penelitian, Dr. William Tsang mengatakan, “aichi dapat mnjadi salah satu bentuk latihan yang cocok bagi mereka yang memiliki gangguan pengelihatan, dengan meningkatkan kendali keseimbangan mereka.”
 “Ini akan menjadi hal menarik untuk memperluas penelitian yang melibatkan para lansia di masyarakat yang cenderung lebih mandiri dan dapat memberi manfaat berbeda dari pelatihan tersebut.”
Ia menambahkan, “Latihan Tai Chi memerlukan kesadaran dari posisi tubuh dan gerakan ekstrim, dapat meningkatkan proprioception sendi. Gerakan kepala berulang-ulang adalah salah satu elemen penting dalam Tai Chi dan hal ini dapat membantu merangsang sistem vestibular untuk meningkatkan kendali keseimbangan.”
 “Hasil studi ini sependapat dengan penelitian sebelumnya yang melaporkan bahwa proprioception sendi lutut dengan pengelihatan normal dapat ditingkatkan dalam 16 minggu pelatihan Tai chi. Temuan ini juga membantu para lansia yang mengalami kebutaan. (Erabaru/DM/sua)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar